JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 2.2

 JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 2.2

(PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL)

Umi Hidayah, S.Ag

CGP Angkatan 7 Kab. Sleman DIY

Guru TKIM Bhakti Mulia Yogyakarta




Assalamualaikum Wr.Wb


Salah satu bagian yang menarik dari mempelajari hal baru adalah menuliskan refleksi di akhir pembelajaran.


FACTS (Peristiwa)


Mempelajari modul 2.2 tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional pada program PGP angkatan 7 ini dimulai pada tanggal 23 Februari 2023. Tentu saja dengan alur MERDEKA sebagaimana modul-modul sebelumnya.

Mulai dari Diri dan Eksplorasi Konsep Mandiri dengan kegiatan pembelajaran melakukan refleksi KSE pada pembelajaran yang sudah dilaksanakan di sekolah dilaksanakan pada tanggal 23 Febreari 2023

Eksplorasi Konsep (Forum Diskusi) yaitu dengan mempelajari materi yang disediakan di LMS yang kemudian berdiskusi dengan CGP lain pada kolom yang sudah disediakan. Tahap ini saya laksanakan dari tanggal 24-27 Februari 2023.

Ruang Kolaborasi, yaitu berdiskusi kelompok untuk menyususn 5 ide penerapan 5 KSE sesuai dengan jenjang pendidiakan (28 Maret 2023). Saya Bersama 3 guru TK lainnya menyusun penerapan KSE yang kemudian akan kami presentasikan pada Ruang kolaborasi hari ke-2 (1 Maret 2023)

Demonstrasi Kontekstual. Pada tahap ini CGP bertugas menyusun RPP yang memuat pembelajaran social emosional (2 Maret 2023)

Elaborasi Pemahaman dilaksanakan pada hari Selasa, 7 Maret 2023 Bersama Instruktur yaitu Bapak Surya Herdiansyah. Beliau mengatakan bahwa PSE(pembelajaran social dan emosional adalah inti dari program Pendidikan Guru Penggerak, karena dengan keberhasilan PSE, maka murid akan meningkat akademiknya dan kesejahteraan psikologisnya dapat tercapai.

Koneksi Antar Materi : CGP menyususun artikel/video/audio yang dapat menggambarkan pemahaman CGP tentang materi modul 2.2 serta membuat koneksinya dengan modul-modul yang sudah dipelajari sebelumnya.

Aksi Nyata : CGP mengaplikasikan materi yang sudah dipelajari untuk dipraktikkan dalam pembelajaran di kelas.

Selain alur MERDEKA di atas, saat mempelajari modul 2.2, ada kegiatan luring yaitu Pendampingan Individu 3 (saya terjadwal Hari Senin, 6 Maret 2023 dan Lokakarya 4 ( Sabtu, 11 Maret 2023)

Kegiatan PI 3 diisi dengan pemantauan perkembangan CGP oleh Pengajar Praktik dengan mengecek lembar umpan balik 360 derajat dari semua unsur warga sekolah (Kepala sekolah, teman sejawat, murid). Kemudian juga memantau perkembangan/kemajuan yang telah dilakukan CGP (peran) di Lembaga. Selain itu juga disampaikan informasi bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan di Lokakarya 4.

Lolakarya 4 diisi dengan kegiatan Praktik Mindfullness dan Praktik Mengajar dengan RPP berdiferensiasi terintegrasi KSE, yang diwakili oleh 1 CGP dari masing-masing kelompok PP. Lokakarya kali ini, dalam satu ruangan berisi CGP dari 3 asuhan PP, yaitu Bapak Eko Subagijo, Bapak Anang Susanto, dan Bu Indah. 


FEELINGS (Perasaan)


Saya sangat tertarik untuk mempelajari modul 2.2, karena pembelajaran sosial emosional itu menjadi bagian sangat penting untuk pembelajaran di TK/PAUD. Dan benar saja, ada banyak hal baru yang saya dapatkan, mulai dari mengenal 5 kompetensi sosial emosional yang harus ditanamkan pada diri murid agar  dapat mencapai  well being (kesejahteraan psikologis), bagaimana mempraktikkan mindfulness (kesadaran penuh) pada murid agar pembelajaran KSE dapat bermakna bagi murid, kemudian, bagaimana implementasi pembelajaran KSE pada murid.

Walaupun pembelajaran di TK memang sudah melaksanakan pembelajaran sosial emosional, namun dengan mempelajari modul 2.2, pengetahuan saya tentang pembelajaran kompetensi soaisl emosional menjadi lebih terarah dan sistematis. 

Selain itu, walaupun saya sudah mengenal metode mencapai konsentrasi/fokus pada sesuatu, misalnya dengan meditasi, namun saya belum pernah mempraktikkannya untuk murid saya di kelas. Setelah mempelajari modul ini, saya mengenal materi dan praktik mindfulness yang diterapkan untuk murid di kelas, Dengan ini, saya bersemangat akan mencoba menerapkannya pada murid saya di kelas. 

Pembelajaran KSE di TK selama ini melalui pembelajaran yang terintegrasi dalam pembelajaran umum, baik melalui cerita, bernyanyi, dan pembeiasaan perilaku. Setelah mempelajari modul 2.2, menjadi terbuka wacana saya bahwa pembelajarn KSE dapat diterapkan dengan 4 strategi, yaitu dalam pengejaran eksplisit, terintegrasi dengan praktik mengajar guru, penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah, dan penguatan KSE pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah. Saya sangat bersemangat untuk mempraktikkan apa yang sudah saya pelajari untuk meningkatkan kualitas pembelajaran saya dan saya berharap murid saya juga menjadi lebih bersemangat dalam belajar.


FINDINGS (Pembelajaran)


Setelah mempelajari modul 2.2 ini, saya mendapatkan pengetahuan baru tentang Pembelajaran sosial emosional (PSE). PSE menjadi penting keberadaannya agar murid mempunyai kompetensi sosial emosional sehingga dapat mencapai kesejahteraan psikologis dalam hidupnya yang nantinya menjadi manusia yang selamat dan bahagia. 

Ada 5 kompetensi soasil emosional yaitu : kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran social, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Dengan pembelajaran KSE tersebut akan menghasilkan murid yang berkarakter, disiplin, santun, jujur, peduli, responsif, produktif, mendorong anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga murid dapat mencapai kondisi  well being (kesejahteraan psikologis) yang optimal.

Tingkal well being yang optimal pada murid, memungkinkan mereka mempunyai kemampuan yang lebih tinggi dalam : mencapai prestasi akademik, kesehatan mental dan fisik, memiliki ketangguhan mengelola stress, dan terlibat dalam perilaku social yang bertanggung jawab. 

Kesadaran penuh (mindfulness) sebagai dasar penguatan kompetensi sosial emosional, dapat dilatih terus menerus agar murid mempunyai keterampilan fokus pada sesuatu yang dipelajari dan dialami sehingga dapat berpikir dan bersikap dengan penuh tanggung jawab.

Setelah mempelajari modul 2.2, saya merasa ada beberapa hal yang perlu saya tingkatkan kompetensi saya. Saya juga perlu meningkatkan pembelajaran saya dalam upaya menanamkan KSE kepada murid.



FUTURE (Penerapan): 


Dalam upaya menanamkan KSE pada murid, ada beberapa hal yang akan saya lakukan, yaitu :

1. Merancang RPP yang terintegrasi KSE

2. Melaksankan pembelajaran yang terintegrasi KSE dengan konsisten.

3. Mengimbaskan pengetahuan baru saya kepada teman sejawat tentang PSE.

4. Berkolaborasi dengan teman sejawat untuk konsisten melaksakan PSE di kelas.

5. Konsisten menajaga perilaku yang mencerminkan KSE di sekolah bersama seluruh unsur warga sekolah.

6. Berkolaborasi dengan orang tua murid untuk menanamkan KSE pada anak selama di rumah.


Demikian refleksi saya setelah mempelajari modul 2.2 tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional. Materi yang sangat bermanfaat untuk meningkjatkan kompetensi saya dan semoga saya dapat menerapkannya di kelas sehingga dapat bermanfaat juga bagi lingkungan sekolah saya. 


Salam Guru Penggerak, Tergerak-Bergerak-Menggerakkan.

Salam dan Bahagia,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KILAS BALIK PEMBATIK Level 4 2022 (Perjalanan Menuju level 4)

KULIAH UMUM Hari 1 PembaTIK Level 4 2022

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1