AKSI NYATA Modul 1.4 (Budaya Positif)


REFLEKSI AKSI NYATA MODUL 1.4

Setelah mempelajari serangkaian modul 1 dari 1.1 sampai 1.4 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7, ada banyak sekali hal yang baru buat saya, dan membuat saya semakin tertantang untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di kelas dan sekolah saya. Menciptakan budaya positif di sekolah adalah sebuah keniscayaan agar apa yang menjadi tujuan dari sebuah pendidikan dapat tercapai dengan maksimal.

Sebelum melakukan Aksi Nyata, saya menyusun rencana tindakan sebagai berikut :

Latar Belakang : Tujuan pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat murid agar mencapai keselamatan dan kebagiaan setinggi-tingginya dengan menyelenggarakan pendidikan yang berpihak pada murid. Untuk tujuan tersebut, guru harus menciptakan budaya yang positif di lingkungan sekolah agar murid dapat belajar dengan suasana nyaman dan bahagia. Budaya positif dapat dibangun dengan membuat keyakinan kelas yang disusun bersama antara murid dan guru dan menerapkan segitiga restitusi dalam menyelesaikan masalah.


Tujuan :

·    Menumbuhkan keberanian murid berpendapat tentang kondisi kelas yang diinginkan.

·    Memotivasi murid memiliki akhlak mulia

·    Memotivasi murid untuk mandiri dalam mencari solusi

·    Mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid

·    Menciptakan budaya positif.


Tolok Ukur :

·    Tercipta suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan

·    Murid melakukan tindakan yang mencerminkan akhlak mulia

·    Murid dapat mencari solusi dari permasalahannya secara mandiri

·    Guru dan murid mentaati keyakinan kelas yang telah dibuat bersama.

·    Terciptanya budaya positif di kelas/sekolah.


Linimasa tindakan yang akan dilakukan :

·         Melakukan sosialisai dengan kepala sekolah dan  teman sejawat tentang budaya positif dan cara mewujudkannya: keyakinan kelas, teori motivasi, kebutuhan dasar manusia, posisi kontrol, dan segituga restitusi (2 Januari 2023).

·         Melakukan sosialisasi dengan murid tentang budaya positif dengan cara membuat keyakinan kelas dan mentaatinya (3 Januari 2023)

·         Bersama murid menggali ide dan membuat kesepakatn tentang keyakinan kelas (4 Januari 2023)

·         Membuat poster yang berisi tentang keyakinan kelas dan ditempel di dinding kelas (5 Januari 2023)

·         Melaksanakan keyakinan kelas yang sudah disepakati bersama (5 Januari 2023 - )

·         Menggunakan segitiga restitusi dalam penyelesaian masalah murid (5 Januari 2023 - )


Dukungan yang dibutuhkan :

·        Kolaborasi dengan kepala sekolah, teman sejawat dan seluruh warga sekolah dalam menerapkan budaya positif di sekolah sebagi teladan bagi murid-murid.

·        Kolaborasi dengan wali murid dalam penerapn budaya positif di rumah dan

·        masyarakat.

·       Dana dari sekolah untuk menyiapkan alat dan bahan dalam membuat poster tentang keyakinan kelas/sekolah.


Serangkaian Aksi Nyata yang telah saya laksanakan adalah sebagai berikut :

1. Memohon ijin kepada kepala sekolah untuk melaksankan serangkaian tugas aksi nyata sebagai pelaksanaan tugas modul 1.4 Pendidikan Guru Penggerak.



2. Menyampaiakn serangkaian skenario/program aksi nyata



3. Membuat keyakinan kelas





4. Praktik penggunan segitiga restitusi dalam menyelesaikan permasahan murid.


5. Melakukan Diseminasi Materi Modul 1 dan fokus pada Modul 1.4 dalam menciptakan budaya positif dan berbagi praktik baik dalam menciptakan budaya positif di kelas yaitu membuat keyakinan kelas dan penggunaan segitiga restitusi dalam menyelesaikan masalah murid. Dalam melaksanakan diseminasi, saya bagi dalam 2 tahap. Tahap 1 adalah diseminasi materi modul 1.4 dan tahap 2 adalah berbagi praktik baik menciptakan budaya positif di kelas.

                                                        Diseminasi Materi modul 1.4

                Berbagi praktik membuat keyakinan kelas dan praktik menggunkan segitiga restitusi


Tahapan membuat keyakinan kelas adalah :

1. Berdiskusi dengan murid dalam menentukan keyakinan kelas yang akan disepakati

2. Membuat poster keyakinan kelas yang telah disepakati.

3. Menempel poster keyakinan kelas di dinding kelas bersama murid.

Videonya sebagai berikut :


Praktik menggunakan segitiga restitusi saya laksanakan simulasi dengan 2 murid dengan 2 kasus yang berbeda. Videonya sebagai berikut :


Serangkaian kegiatan Aksi Nyata, saya dokumentasikan dalam video berikut :



Demikian serangkaian kegiatan Aksi Nyata modul 1.4 yang saya lakukan. Semoga bermanfaat bagi saya dan pembaca.

Komentar

  1. Salam Sukses. Insya Allah, semakin berprestasi. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih support dan apresiasinya, Bapak Supriyana

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KILAS BALIK PEMBATIK Level 4 2022 (Perjalanan Menuju level 4)

KULIAH UMUM Hari 1 PembaTIK Level 4 2022

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1